Cara Instalasi SilverStripe CMS pada Localhost

Hi….!!! Para penggemar blog

Maw tahu ga’ gi mana cara install cms di localhost Xampp,…? tunggu ajhaa yAchh , akan di uraikan pada berikut ini.

Nah…Di sini saya akan menguraikan cara install cms, semoga para pembaca gak jenuh dalam membacanya …?Cms yang akan diinstal di Xampp kali ini adalah SilverStripe. Tapi terlebih dahulu Anda sediakan aplikasi Mozilla Firefox, Xampp, dan SilverStripe yang akan digunakan pada saat penginstalan.

Tapi sebelumnya pastikan dulu XamppNya dalam keadaan running. Kemudian lakukan Penginstalan

Langsung Ajhha YaChhh….?

Langkah Awal :

Buat new folder di data C://XAMPP//htdocs dengan nama folder silverstripe, atau sesuai dengan keinginan Anda. Setelah itu, cari file SilverStripe-cms-v3.0.3 lalu klik, kemudian extract to folder yang sudah di buat sebelumnya.

Langkah Ke-Dua :

Buka browser (firefox/chrome) lalu ketik URL localhost/phpmyadmin tekan enter , maka muncullah gambar seperti di bawah ini. Lalu pilih bahasa sesuai yang di inginkan.

Langkah 1

Setelah itu, pilih DATABASE maka tampil gambar seperti di bawah ini. Lalu masukkan Create new Database dengan nama dbsilverstripe lalu create, sesuai petunjuk di bawah ini.

Langkah 2

Langkah Ke-Tiga :

Setelah pembuatan database selesai, maka selanjutnya buka browser (Chrome/Firefox) lalu ketik http:localhost/silverstripe, sesuai nama folder yang telah dibuat di XAMPP/htdocs, maka akan muncul seperti di bawah ini

Langkah 3

Setelah tampil layar di atas, maka selanjutnya klik SilverStripeCMS-v2.4.2. sesuai petunjuk di atas, maka tampillah gambar berikut ini.

Langkah 4Langkah 5

Keterangan pengisian server untuk gambar di atas adalah: isi server = localhost,  username = root, password = dikosongkan, dan database name = dbsilverstripe

Langkah Ke-Empat :

Isi email = sesuai dengan keinginan Anda misalkan ; deviyati_adm_tik@yahoo.com Password = password sesuai keinginan Anda, lalu klik Instal SilverStripe

Langkah 6

Langkah Kelima :

Setelah selesai tahap pengisian server berdasarkan petunjuk diatas, maka kita tunggu tahap proses penginstalan ini sampai selesai., ternyata hasil dari penginstalannya ialah seperti tampilan berikut ini.

Langkah 7Proses instal telah sukses, maka tinggal (Click Here to Delete the Instal Files) yang berwarna biru.

Langkah Ke-Enam :

Setelah click here to delete the install files, maka akan muncul tampilan seperti ini.

Langkah 8

Silahkan Log In dengan menggunakan Email dan Password yang Anda pakai pada saat penginstalan sebelumnya.

Langkah Ke-Tujuh :

Setelah melakukan Log In, maka muncul tampilan gambar di bawah ini. Di sini muncul file Instalasi telah di hapus, kemudian klik the CMS yang berwarna biru untuk melihat website Anda.

Langkah 9

Setelah klik the CMS, maka yg akan muncul seperti gambar di bawah ini..

Langkah 10

Tampilan gambar di atas adalah tampilan administrator dari SilverStripe CMS dengan konten-  konten didalamnya.

WaCh,,luar biasa sekali !!!

Selamat Anda telah sukses dalam Penginstalan ini. Semoga bermanfaat bagi para pembaca Amin…..?

Cara Memasukkan Tulisan

Setelah selesai terinstal program tersebut, maka di sini akan siap di gunakan.

Untuk mengetahui bagaimana cara memasukan teks atau memposting, maka lihatlah petunjuk di bawah ini. Klik menu Home untuk memposting, bisa juga anda pilih menu lain seperti About Us, Contact Us dsb. Sesuai dengan keinginan Anda.

12

Hasil postingan yang telah di ketik tadi pada menu home, maka akan muncul tampilan seperti ini.

SilverStripe CMS

SilverStripe adalah CMS mempunyai fitur lengkap dan mampu menyediakan apa yang wisnu butuhkan. CMS ini dibangun memggunakan bahasa pemrograman php dan database Sapphire . SilverStripe mempunyai banyak pendukung aplikasi dan dapat membantu para pengembang untuk lebih berkarya. SilverStripe di rilis pada bulan November tahun 2006 oleh beberapa orang team yang ahli di bidang OpenSource.

gambarsilver

SilverStripe adalah sistem manajemen konten sumber bebas dan terbuka (CMS OpenSource) untuk menciptakan dan memelihara website. Hal Ini memberikan keluaran dari panel berbasis web kotak administrasi yang memungkinkan pengguna untuk membuat modifikasi pada bagian-bagian situs web, yang mencakup situs web editor WYSIWYG. Inti dari SilverStripe CMS adalah Sapphire, Web PHP kerangka aplikasi.

SilverStripe dirilis di bawah Lisensi BSD. Sebuah demonstrasi online dari CMS tersedia sebagai video dan sebagai demo interaktif. Dokumentasi yang tersedia untuk pengguna CMS dan pengembang website.

Inti dari SilverStripe bernama Sapphire. Sapphire menyediakan pengembangan situs kerangka untuk membangun dan memperluas website didasarkan pada teknik pemrograman modern termasuk model-view controller (MVC seperti, model tersebut tidak mencakup kemampuan untuk memberitahu pandangan update ) pola dan objek-relasional mapper.

SilverStripe menghasilkan markup menggunakan bahasa template kustom berdasarkan HTML yang menawarkan penampung sederhana dan logika kondisional. SilverStripe dapat dikembangkan melalui modul, widget, tema, kustomisasi kode, dan ModelAdmin.

      1.   Kelebihannya :
a. Fitur yang sangat lengkap
b. Bisa melakukan apa saja sesuai keinginan kita.
c. Menggunakan Php dengan kerangka sapphire sehingga bisa disesuaikan.
d. Memiliki banyak dukungan gratis
e. Dokumentasi yang lengkap bagi para pengembang.

       2.  Kekurangannya :

 a.   Stock tampetenya belum banyak dan masih terbat

 b.   Belum bisa memberi review banyak karena masih coba

 

Tinggalkan komentar